Untuk membuat
bisnis sukses hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa
target market Anda dan menyesuaikannya dengan strategi marketing yang akan Anda
jalankan untuk membidik target market tersebut.
Ditengah
persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis memiliki target market yang
sesuai merupakan hal terpenting. Bisnis berskala kecil mampu secara efektif
untuk berkompetisi dengan perusahaan besar dengan membidik target
market yang sesuai sasaran.
Kebanyakan
pebisnis mengatakan bahwa target mereka adalah orang-orang yang tertarik pada
produk atau service yang mereka tawarkan. Beberapa juga mengatakan bahwa target
market mereka adalah pengusaha kecil, ibu rumah tangga atau pemilik rumah.
Tentunya target market ini terlalu umum dan sulit untuk mewujudkan strategi
marketing yang lebih kongkrit.
Dengan mengarah
pada market yang lebih spesifik maka bukan berarti Anda memisahkan diri dari
orang-orang yang bukan merupakan target market Anda. dengan adanya target
market yang jelas maka ini akan membantu Anda untuk fokus pada strategi marketing yang lebih tepat
sasaran.
Tentunya
strategi marketing dengan target market yang tepat akan lebih mudah untuk
diterima, efisien, efektif dan mampu menjangkau klien potensial serta
menciptakan sales.
Dengan target
market yang jelas tentunya akan lebih mudah untuk menentukan bagaimana dan
dimana Anda harus mempromosikan bisnis anda menjadi bisnis sukses. berikut
adalah enam langkah cerdas yang harus dilakukan ketika menentukan target market
Anda.
1. Kenali Siapa
Customer Anda
Siapa customer
Anda sekarang dan mengapa mereka membeli dari Anda? Anda bisa mencari kesamaan
karakter dan kesukaan dari customer Anda. Dengan mengetahui siapa dan seperti
apa karakter dari customer Anda maka Anda bisa mulai menyasar orang-orang
dengan karakter dan kesukaan yang sama seperti customer Anda saat ini untuk
menawarkan produk atau service yang Anda jual. Ini adalah fondasi daripada
membuat bisnis sukses.
2. Kenali Siapa
Kompetitor Anda
Mengetahui siapa
kompetitor Anda merupakan salah satu cara untuk mengetahui siapa target market
Anda. siapa orang-orang yang dituju oleh kompetitor Anda? siapa customer mereka
saat ini? sebaiknya Anda tak menyasar market yang sama Anda bisa mencari target
market Anda sendiri yang sesuai dengan brand Anda.
3. Analisa
Produk atau Service Yang Anda Jual
Dalam menentukan
target market Anda sebaiknya Anda melakukan analisa pada produk atau service
yang Anda jual. Buat daftar feature dan spesifikasi dari
masing-masing atau produk atau service yang Anda jual. Buat juga secara detail
keunggulan dan keuntungan yang bisa didapat orang dari produk atau service tersebut.
Misalnya saja seorang desainer profesional menawarkan layanan desain
berkualitas bagus maka keuntungan dari hasil desain tersebut adalah imej
perusahaan yang profesional.
Imej perusahaan
yang profesional akan menarik lebih banyak customer dikarenakan mereka melihat
perusahaan tersebut bisa dipercaya dan profesional. Bisa dikatakan bahwa
keuntungan dari hasil desain berkualitas bagus adalah untuk memperoleh lebih
banyak customer dan mendapatkan profit besar.
Jika Anda telah
memiliki daftar berbagai keuntungan dari produk atau service tersebut maka buat
daftar orang yang membutuhkan keuntungan tersebut. Seperti misalnya Sribu sebagai perusahaan penyedia jasa
desain terpercaya dan nomor satu di Indonesia bisa menyasar pengusaha kecil dan
menengah yang membutuhkan hasil desain profesional dan berkualitas bagus untuk
meningkatkan imej brand mereka.
4. Pilih
Demografi Yang Spesifik Sebagai Target Market
Anda harus
menganalisa target market Anda berdasarkan kebutuhan mereka akan sebuah produk
atau service namun siapa yang akan membeli produk atau service anda. berikut
beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan target market:
•
Umur
•
Lokasi
•
Gender
•
Pendapatan Perbulan
•
Tingkat Pendidikan
•
Status
•
Pekerjaan
•
Latar Belakang Etnis
5. Pertimbangkan
Psikografi dari Target Market Anda
Psikografi
merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan dalam membidik target market.
Psikografi merupakan hal-hal yang berhubungan dengan karakter pribadi dari
seseorang seperti didalamnya:
•
Personality
•
Attitudes
•
Values
•
Interests/hobbies
•
Lifestyles
•
Behavior
Anda bisa
menganalisa dan membuat strategi bagaimana produk atau service yang Anda
tawarkan bisa sesuai dengan lifestyle dari target market Anda. bagaimana dan
kapan mereka akan menggunakan produk tersebut? Fitur atau spesifikasi apa yang
paling menarik buat mereka? Media apa yang akan mereka cari untuk berburu
informasi? Apakah mereka membaca koran, mencari informasi di internet atau
menghadiri acara-acara tertentu?
6. Evaluasi
Keputusan Anda
Untuk mencapai
bisnis sukses, ketika Anda telah memutuskan target market tertentu, anda harus
mempertimbangkan beberapa pertanyaan dibawah ini:
• Apakah ada
cukup banyak orang yang sesuai dengan kriteria target market Anda?
• Apakah target
market Anda benar-benar akan mendapat keuntungan dari produk atau service Anda
• Apakah Anda
sudah memahami apa yang mendasari target market Anda dalam mengambil keputusan?
• Bisakah target
market Anda menerima produk atau service yang Anda tawarkan?
• Apakah Anda
bisa menjangkau target market yang akan Anda tuju?
Anda bisa
memulai untuk menemukan target market Anda dengan mencari berbagai informasi.
Cobalah untuk mencari informasi online hal-hal yang belum pernah dilakukan
orang mengenai target market Anda. Anda bisa mencari informasi mengenai target
market Anda di artikel majalah atau blog.
Anda bisa juga
mengunjungi blog atau forum dimana orang-orang yang merupakan target market
Anda berkomunikasi mengenai pendapat mereka. Anda bisa mencari hasil survey
yang telah ada atau membuat survey sendiri. Anda juga bisa meminta para
customer Anda saat ini feedback mengenai produk atau service yang Anda
jual. Ini adalah salah satu jalan untuk mencapai bisnis sukses.
Menentukan
target market merupakan bagian paling berat. Jika Anda sudah mengetahui
orang-orang yang akan Anda tuju maka akan lebih mudah untuk mengetahui media
mana yang akan Anda pakai untuk menjangkau mereka.
Selain itu Anda
juga lebih mudah untuk menyusun strategi marketing yang cocok untuk target
market tersebut. Menentukan target market Anda akan mempengaruhi kesuksesan
bisnis Anda nantinya dimasa mendatang.
Komentar
Posting Komentar